14 Oktober 2010

9 Pohon Paling Menarik di Dunia

| 14 Oktober 2010


Pohon adalah makhluk hidup terpanjang di bumi dan salah satu sumber daya alam yang paling berharga di planet ini. Mereka membersihkan udara yang kita hirup, meningkatkan kualitas air, mencegah erosi tanah, menyediakan makanan dan keteduhan, mengurangi polusi suara, dan membantu membuat lingkungan kita lebih indah. Dengan lebih dari 200.000 jenis pohon di dunia, ada bebrapa spesies menarik. Dari pohon tertinggi, terlama, paling berhantu, dijadikan rumah, ini adalah 9 pohon paling unik di dunia:

Coast Redwood: Hyperion dan Chandelier Tree
Hutan Redwood, California

Foto melalui flickr oleh foggydave

Redwood Coast, adalah salah satu pohon tertinggi di dunia. Kalau di ukur tingginya lebih dari 379 kaki (115 m), Hyperion mengalahkan pemegang rekor sebelumnya, Stratosphere Giant, di Humboldt State Park (pada 370 kaki / 112,8 m). California Utara rumah bagi dua pohon ini.
Giant Sequoias: Pohon Jenderal Sherman
Taman Nasional Sequoia, California

Foto melalui flickr oleh acmelucky777

Sebagai pohon terbesar di dunia dalam hal volume, Giant Sequoias hanya tumbuh di wilayah California Sierra Nevada.
Jenderal Sherman berdiri di 275 kaki (83,8 m), tingginya lebih dari 52.500 kaki (1.486 m³), dan beratnya lebih dari 6000 ton. Umur pohon ini adalah 2.200 tahun.

Pohon Pando (atau Raksasa gemetar)
Negara Utah

Foto melalui flickr oleh Cliff

Pando, yang berarti, "Saya menyebar" dalam bahasa Latin, tidak menjadi nama yang sempurna/cocok untuk spesies pohon. Secara keseluruhan, tanaman ini berbobot 6.000 ton, menjadi spesies terberat dan sistem akar Pando merupakan salah satu organisme hidup tertua di planet ini hidup sekitar 80.000 tahun.

Chapel Oak
Allouville Bellefosse, Perancis

Foto melalui flickr oleh thetreehunter

Chapelle Chene, yang berarti "ek kapel," dalam bahasa Prancis adalah pohon yang paling terkenal di Perancis. Lebih dari sekedar pohon, spesies ini juga merupakan bangunan dan monumen keagamaan. Di dalam rongga batang terdapat dua kapel, yang dibangun pada 1669. Ada juga sebuah tangga spiral dibangun di sekitar batang, yang menyediakan akses ke kapel. Sayangnya, pohon ek tersebut tidak dapat hidup lebih lama lagi, sebagai bagian dari pohon telah mati dan jatuh terpisah selama bertahun-tahun. Kulit tua yang sebelumnya terjatuh dari sekarang digunakan sebagai penutup.
Pohon Baobab
Madagaskar

Foto melalui flickr oleh Tasihi.M

Juga dikenal sebagai " Pohon Monyet Roti," Baobab dapat tumbuh hingga 100 kaki (30 m) dan tinggi 35 kaki (11 m). batang-batang pohonnya sebenarnya penyimpanan air sebanyak 31.700 galon (120.000 liter) air dan dapat bertahan dalam kondisi kekeringan. Meskipun Baobab ditemukan di Afrika dan Australia, sebenarnya pohon ini adalah pohon-pohon nasional Madagaskar. Kelompok pohon baobab paling megah dapat ditemukan pada Baobab Avenue, dekat Morondava, di Madagaskar.

Bristlecone Pine: Metusalah
White Mountains of California timur

Foto melalui flickr

Bristlecone Pines, yang terletak di Colorado, New Mexico, Arizona, Utah, Nevada, dan California adalah pohon tertua yang dikenal manusia sampai hari ini, setidaknya 5.000 tahun. Terletak di Bristlecone Pine Kuno Hutan di Pegunungan Putih California timur dan hasil penelitian di Swedia menunjukan umur asli poho ini adalah 4789 tahun. Pohon ini diberi nama Metusalah, diambil dari nama Alkitab  (Injil)
Angel Oak
John's Island, South Carolina

Foto melalui flickr oleh gotigersjf

Pohon Angel terletak di South Carolina Sea Islands, John's Island, dan menjadi salah satu organisme hidup tertua di sebelah timur Sungai Mississippi. Nama pohon itu berasal dari kawasan Angel dan cerita rakyat setempat menceritakan kisah hantu mantan budak yang akan muncul sebagai malaikat di sekitar pohon. Sama seperti pohon-pohon hantui masa lalu, besar, menakutkan dan indah.

The Lone Cypress
Monterey Bay, California
 
Foto melalui flickr oleh Creative +

 Ini bukanlah pohon besar, pohon ini terisolasi dari habitatnya, tubuh di tanah yang berbatu di Samudera Pasifik yang dingin, lepas pantai Pebble Beach, Monterey, California, membuat hati jadi sejuk dan membuat pengalaman visual yang menakjubkan. The Cypress Lone menjadi wahana wisata.

Montezuma Cypress (El Tule)
Oaxaca, Mexico

Foto melalui flickr oleh hmerinomx

Cypress adalah ssalah satu pohon terbesar di Meksiko. Pohon ini memiliki lingkar batang terbesar di 190 kaki (58 m) dan diameter batang di 37 kaki (11,3 m). Pohon ini diyakini hidup selama 2.000 atau 3.000 tahun dan ditanam 1.400 tahun yang lalu oleh seorang imam dari kerajaan Aztec.


Sungguh banyak ragam pohon di planet ini, namun mereka juga berbagi banyak kesamaan. Sangat jarang ada pohon mati karena usia tua. Mereka umumnya tewas oleh serangga, penyakit atau oleh manusia. 90% gizi mereka berasal dari atmosfer dan hanya 10% dari tanah, dan kematian satu pohon yang berusia 70 tahun akan menghasilkan lebih dari tiga ton gas karbon ke atmosfir. Pohon-pohon di atas merupakan beberapa pohon yang paling menarik dan megah dari semua jenis pohon yang hidup di alam ini, tetapi mungkin pohon-pohon diatas bisa saja berkembang dan berubah. Ada ribuan spesies luar biasa lainnya, bahkan beberapa yang kita tidak bisa temukan atau yang tidak teridentifikasi oleh ilmu pengetahuan, yang ada sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar