16 November 2010

10 Badai Tornado Paling Dahsyat Sepanjang Sejarah

| 16 November 2010
Angin Tornado adalah salah satu bencana alam yang paling merusak . Angin Tornado atau kita lebih akrab memanggilnya angin puting beliung ini paling sering muncul di Benua Amerika (khususnya Kanada dan Amerika Serikat). Dibawah ini adalah daftar 10 Angin Tornado yang paling dahsyat sepanjang sejarah. Mulai angin dengan sekala F2 bahkan sampai F5, mereka destruktif, membelah kota-kota dan memekan korban jiwa.
image by wikimedia (Edmondo Tornado)
1. Tri State Tornado (1925)
Tri State Tornado atau Tornado Tiga Negara yang melanda negara bagian di AS dari Missouri, Illinois dan Indiana pada 18 Maret 1925 mungkin merupakan angin tornado yang paling merusak dalam sejarah di negara Amerika Serikat. Tornado pembunuh ini mempunyai trek sepanjang 300 km, menyebabkan kerusakan yang sangat dahsyat, sarana prasarana. 3 negara bagian tersebut rata dengan tanah. Sekitar 1000 orang kehilangan nyawa mereka pada hari itu.

2. Deep South Tornado (1932)
The Deep South Tornado (yang terjadi pada tahun 1932) menghantam negara bagian Alabama dan merupakan 2 bencana angin tornado terburuk yang dicatat di tanah AS. Kategori angin tornado tersebut masuk ke dalam golongan F4 dan menewaskan lebih dari 300 orang dan meninggalkan jejak kehancuran yang luar biasa.

3. Tupelo-Gainesville tornado (1936)
Tupelo dan Gainesville, tornado ini menewaskan sekitar 400 orang dan menghantam bagian selatan timur Amerika Serikat pada 1936. Menyebabkan kematian dan kehancuran besar di dua kota dan merupakan salah satu yang paling mengerikan dari bencana alam yang pernah ada di Benua Amerika.

4. Flint-Worcester Tornado
The Tornado Flint-Worcester adalah kombinasi 2 tornado yang disebabkan oleh sistem badai yang sama. Tingkatnya adaah F5, tornado ini telah merenggut 243 orang di berbagai negara bagian di seluruh AS.

5. Great Plains tornado (1955)
1955 Great Plains adalah bencana angin tornado yang merupakan salah satu yang paling mematikan di dunia dan tornado ini 'terjebak' di Amerika Tengah dan Selatan Amerika pada tahun 1955. Angin tornado mematikan ini adalah kombinasi dari 47 tornado, mulai dari tornado kecil sampai tornado F5.

6. Manitoba Tornado (2007)
The Manitoba Tornado melanda kota Manitoba pada tanggal 22 Juni 2007 dan tingkat angin tornado F5. Ini adalah salah satu tornado yang paling besar yang dicatat pada abad ini. Para penduduk melihat dari kejauhan bagaimana rumah-rumah mereka beterbangan.

7. Kansas Tornado Outbreak (1991)
Bencana Tornado Kansas pada tahun 1991 terjadi pada tanggal 26 April dengan lebih dari 55 buah tornado melanda kota, menewaskan dan melukai ratusan orang. Bencana tornado ini terdiri dari 4 tornado tingkat F4 dan satu tornado tingkat F5. Kejadian ini juga dibahas dalam sebuah film dokumenter National Geographic.

8. Mid-June Tornado Outbreak (1992)
Pertengahan tahun 1992 pada bulan Juni. Bencana Tornado ini adalah salah satu dari bencana badai erburuk yang tercatat dalam sejarah. Angin tornado ini terdiri dari 170 tornado yang melanda Amerika Tengah selama 4 hari berturut-turut pada bulan Juni. Ada satu tingkat F5. Tornado ini meratakan apa saja yang ada disekelilingnya.

9. Oakfield Tornado (1996)
Tahun 1996, 'Tornado Oakfeld' menghancurkan kota Oakfield pada tanggal 18 Juli 1996. Angin tornado F5 ini melukai banyak orang, tapi untungnya tidak ada yang tewas. Kerusakan akibt angin ini diperkirakan sekitar $ 40 juta.

10. Nashville Tornado (1998)
Nashville tahun 1998. Bencana angin Tornado terus ini berlangsung selama berhari-hari. Seluruhnya terdapat total 61 tornado yang menyapu beberapa negara bagian rata dengan tanah.


Contribution : Scienceray

9 komentar:

  1. tornado memang lebih mengerikan dari banjir:( tornado nashville itu ngri banjeeeeeeeeeeeeeeeeet!!!!!!!!!!!!:(

    BalasHapus
  2. @Annisa : bener banget suasananya nightmare banget ...

    BalasHapus
  3. tornado ibaratkan kiamat kecil.
    gan, ijin copas yah. hehehe

    BalasHapus
  4. @Aziz : silahkan bro, tapi sourcenya jagnan lupa :).

    BalasHapus
  5. Gan Emang Gila Itu Badai Tornado Nashville,sampai kayak malam gitu !
    Padahal masih Sore !
    Mudah mudahan Gk terjadi di indonesia !

    BalasHapus
  6. @Ahmad Tarmizi : bener banget gan, suasana-nya ngeri banget. US memang rumahnya angin tornado -__-

    @eNZhu : banget gan

    BalasHapus
  7. Kita harus bersukur

    BalasHapus