30 November 2010

10 Negara Terkorup di Dunia

| 30 November 2010
Daftar ini diambil dari Transparency International Corruption Index pada tahun 2006. Penilaian tersebut adalah dari 1 - 10 dengan skor rendah. Sumber indeks ini jajak pendapat dan survei dari 21 lembaga independen. Hanya data yang diverifikasi yang diterima untuk dimasukkan. Indeks termasuk 163 negara.


10. Equatorial Guinea
750Px-Flag Of Equatorial Guinea.Svg
Equatorial Guinea adalah salah satu negara terkecil di benua Afrika. Presiden Guinea Khatulistiwa saat ini adalah Teodoro Obiang Nguema Mbasogo. Konstitusi 1982 Guinea Khatulistiwa Obiang memberikan kekuasaan yang luas, termasuk penamaan dan memberhentikan anggota kabinet, membuat hukum dengan dekrit, melarutkan Kamar Perwakilan, negosiasi dan meratifikasi perjanjian dan panggilan pemilu legislatif.
Diplomat dan bahkan menteri telah tertangkap menyelundupkan obat, kadang-kadang menggunakan tas diplomatik dan bahkan di bagasi presiden di perjalanan negara. Presiden incumbent memiliki reputasi yang sama haus darah pamannya, Francisco Macias Nguema yang ia gulingkan. Pada Natal tahun 1975, Macias memiliki 150 anggota komplotan kudeta.

9. Uzbekistan
800Px-Flag Of Uzbekistan.Svg
Uzbekistan adalah negara ganda yang terkurung di daratan di Asia Tengah, dulu bagian dari Uni Soviet. Negara ini berbatasan dengan Kazakhstan di sebelah barat dan utara, Kyrgyzstan dan Tajikistan di timur, dan Afganistan dan Turkmenistan di selatan. Uzbekistan memiliki kekuatan militer terbesar di kawasan Asia Tengah, memiliki sekitar 65.000 orang berseragam.
Sebagian besar pertumbuhan PDB Uzbekistan berasal dari harga yang menguntungkan untuk ekspor kunci tertentu, khususnya kapas, emas, dan gas, namun pendapatan dari komoditas didistribusikan di lingkaran yang sangat kecil yaitu elit yang berkuasa, dengan sedikit sekali manfaat bagi rakyat.


8. Bangladesh
800Px-Flag Of Bangladesh.Svg
Republik Rakyat Bangladesh adalah sebuah negara di Asia Selatan. Dikelilingi oleh India pada semua bagian kecuali untuk perbatasan kecil dengan Myanmar di tenggara dan Teluk Benggala, dan Samudera Hindia, di selatan.
Perdana Menteri, sebagai kepala pemerintahan, membentuk kabinet dan menjalankan urusan sehari-hari negara. Sementara Perdana Menteri secara formal ditunjuk oleh Presiden, ia harus menjadi MP yang perintah kepercayaan dari mayoritas parlemen. Presiden adalah kepala negara, sebuah pos seremonial dipilih oleh parlemen. Namun kekuasaan Presiden yang bertambah selama masa jabatan pemerintah sementara, yang bertanggung jawab atas pelaksanaan pemilu dan perpindahan kekuasaan.

7. Chad
800Px-Flag Of Chad.Svg

Chad adalah sebuah negara yang terkurung daratan di Afrika Tengah. Berbatasan dengan Libya di sebelah utara, Sudan di timur, Republik Afrika Tengah di selatan, Kamerun dan Nigeria di barat daya, dan Nigeria di barat.
Konstitusi Chad menyediakan cabang eksekutif yang kuat dipimpin oleh seorang presiden yang mendominasi sistem politik. Presiden memiliki kekuasaan untuk menunjuk perdana menteri dan kabinet, dan mempunyai pengaruh besar atas pengangkatan hakim, jenderal, pejabat provinsi dan kepala perusahaan-perusahaan penting di Chad. Pada tahun 2005 batas perpanjangan konstitusional telah dihapus. Sebagian besar penasihat utama Presiden Deby adalah anggota kelompok etnis Zaghawa, meskipun di selatan oposisi diwakili dalam pemerintahan. Korupsi merajalela di semua tingkat.



6. Democratic Republic of Congo
750Px-Flag Of The Democratic Republic Of The Congo.Svg
Kongo adalah negara terbesar ketiga berdasarkan wilayah di benua Afrika. Hal ini berbatasan dengan Republik Afrika Tengah dan Sudan di sebelah utara, Uganda, Rwanda, Burundi, dan Tanzania di timur, Zambia dan Angola di selatan, dan Republik Kongo di sebelah barat.
Setelah 4 tahun interim antara dua konstitusi yang didirikan lembaga-lembaga politik yang berbeda pada berbagai tingkat seluruh cabang pemerintah, serta pembagian administratif yang berbeda, politik di Republik Demokratik Kongo yang menetap menjadi republik demokratis yang stabil. Konstitusi transisi yang didirikan sebuah sistem terdiri dari sebuah badan legislatif bikameral dengan Senat dan Majelis Nasional. Senat antara lain membuat penyusunan konstitusi baru.
Hak cabang eksekutif  dalam kabinet 60-anggota, dipimpin oleh seorang pentarchy dari Presiden, dan empat wakil presiden.

5. Sudan
600Px-Flag Of Sudan.Svg
Sudan adalah negara Afrika terbesar daerah. Negara ini terletak di persimpangan jalan antara Tanduk Afrika dan Timur Tengah. Hal ini berbatasan dengan Mesir di sebelah utara, Laut Merah ke Timur Laut, Eritrea dan Ethiopia di Timur, Kenya dan Uganda ke Tenggara, Republik Demokratik Kongo dan Republik Afrika Tengah ke Southwest, Chad ke Barat, dan Libya ke Northwest.

4. Guinea
450Px-Flag Of Guinea.Svg
Guinea adalah negara di Afrika Barat, sebelumnya dikenal sebagai Perancis Guinea. wilayah Guinea memiliki bentuk melengkung, dengan basisnya di Samudra Atlantik, pedalaman di timur, dan berbelok ke selatan. Dasar perbatasan Guinea-Bissau dan Senegal di utara, dan Mali di sebelah utara dan utara-timur bagian pedalaman perbatasan Pantai Gading, selatan-timur Liberia di selatan, dan Sierra Leone di barat selatan ujung.
Guinea hanya memiliki dua presiden sejak kemerdekaan diumumkan pada tanggal 2 Oktober 1958. Pensiunan umum Lansana Conté mengambil alih negara tahun 1984 dalam kudeta setelah kematian Sékou Touré. Conté terpilih untuk memerintah sebagai Presiden pada tahun 1993, kemudian lagi pada tahun 1998 dan 2003 menjanjikan untuk mereformasi negara. Tetapi validitas dari pemilu yang dilombakan gagal, karena Conté telah menjaga posisi dan tidak ingin diganti.

3. Iraq
800Px-Flag Of Iraq.Svg
Irak, adalah sebuah negara di Timur Tengah yang mencakup sebagian besar ujung barat laut dari Pegunungan Zagros, bagian timur dari Gurun Suriah dan bagian selatan Gurun Arab. Negara ini berbatasan dengan Kuwait dan Arab Saudi di selatan, Yordania di barat, Suriah di barat laut, Turki di utara, dan Iran di timur.
Sejak invasi pada tahun 2003, sebuah koalisi pasukan multinasional, terutama Amerika dan Inggris, telah menduduki Irak. Invasi memiliki konsekuensi yang luas jangkauannya: kekerasan sipil meningkat, kerusakan politik, penghapusan dan eksekusi mantan presiden Saddam Hussein, dan masalah nasional dalam pengembangan keseimbangan politik, ekonomi, infrastruktur, dan penggunaan cadangan besar negara minyak

2. Myanmar
800Px-Flag Of Myanmar.Svg
Myanmar adalah negara terbesar berdasarkan wilayah geografis di Asia Tenggara. Dikenal dengan nama Burma. Myanmar berbatasan dengan Republik Rakyat Cina di sebelah utara, Laos di sebelah timur, Thailand di tenggara, Bangladesh di sebelah barat, dan India di barat laut, dengan Laut Andaman di selatan, dan Teluk Benggala di sebelah barat daya .
Sistem politiknya tetap di bawah kontrol ketat Perdamaian dan Pembangunan Dewan Negara, pemerintahannya yang dipimpin militer, sejak tahun 1992, oleh Jenderal Senior Than Shwe. Militer Birma telah mendominasi pemerintah sejak Jenderal Ne Win memimpin kudeta tahun 1962 yang menggulingkan pemerintahan sipil U Nu. Beberapa organisasi hak asasi manusia, termasuk Human Rights Watch dan Amnesty International, telah melaporkan tentang pelanggaran hak asasi manusia oleh pemerintah militer. Mereka telah menyatakan bahwa tidak ada peradilan yang independen di Myanmar. Pemerintah militer membatasi akses Internet melalui perangkat lunak berbasis sensor yang membatasi warga negara dapat mengakses bahan on-line. Kerja paksa, perdagangan manusia, dan pekerja anak yang umum merajalela sisana.


1. Haiti
800Px-Flag Of Haiti.Svg
Adalah sebuah negara Amerika Latin dengan bahasa Perancis Kreol terletak di kepulauan Antilles Besar di Pulau Karibia Hispaniola. Negara bekas koloni Perancis, Haiti menjadi republik independen kulit hitam pertama dan bangsa yang menentang perbedaan ras. Haiti menjadi negara non-pribumi kedua di Amerika (setelah Amerika Serikat) untuk mendeklarasikan kemerdekaannya, pada tanggal 1 Januari 1804.
Haiti baru-baru ini mengalami keadaan transisi setelah mengusir paksa Presiden Jean-Bertrand Aristide pada tanggal 29 Februari 2004. Rene Preval terpilih sebagai presiden di tempat-nya pada tanggal 7 Februari 2006, dan dilantik pada Mei tahun itu. Préval telah berjanji untuk membawa perdamaian dan stabilitas ke negara itu.



Tambahan :Baru keluar , top 5 negara paling korup adalah Finlandia, Islandia, Selandia Baru, Denmark, dan Singapura. Amerika Serikat muncul sebagai nomor 20 paling korup di daftar dengan skor 7,3. dan Indonesia sekarang sudah termasuk 20 besar di Dunia negara terkorup.

:: Boleh Copy/Paste, Asal Cantumkan Sumber/Source-nya. OK! :: 
portal unique,portal unik,portal,unik,top 10 list,top 10, top 10 most,berita unik,info unik,info aneh,top 10,artikel aneh,10, 10 hal,10 hal yang paling,10 hal yang,artikel unik, artikel unik dan aneh,info unik dan aneh,berita unik dan aneh,berita aneh,deretan,5,7,3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar