13 November 2010

10 Tanaman Paling Aneh Di Dunia

| 13 November 2010




Welwitschia Mirabilis : Tanaman Paling Kuat




Tumbuhan asal Namibia, Welwitschia Mirabilis.Tanaman ini hanya terdiri dari dua daun dan satu batang dengan akar yang kokoh. Dua daunnya terus tumbuh sampai mereka menyerupai tumbuhan aneh, daunnya jika dibentangkan vertikal dapat tumbuh hampir 8 meter dengan lebar daun 2 meter. Diperkirakan rata-rata umur mereka adalah 400-1500 tahun.Ini bisa bertahan hingga lima tahun lagi dengan tidak ada hujan. Tanaman ini rasanya sangat lezat baik mentah atau dipanggang, orang Namibia menyebutnya Onyanga, yang berarti "bawang padang pasir".

Dionaea muscipula: Venus Fly Trap



Venus Fly Trap adalah yang paling terkenal dari semua tumbuhan karnivora karena sifat mereka yang aktif dan efisien dalam membuat perangkap yang unik. Tumbuhan ini sangat terkenal, tetapi juga terancam punah. Tumbuhan ini memiliki daun yang menyerupai engsel dan didalamnya terdapat bulu-bulu halus super sensitif yang mendeteksi keberadaan segala sesuatu mulai dari semut, lalat sampai bakteri. Ketika ada serangga hinggap di daunnya, Tap! Perangkap ini akan menutup dalam waktu kurang dari satu detik.

Rafflesia arnoldii: Bunga Paling Besar Di Dunia



Ada satu tanaman eksotik dan langka yang hanya ada di Indonesia. Merupakan bunga terbesar di dunia. Sangat eksotis, sangat langka, berbintik-bintik, meskipun tidak terlalu cantik, bunga berwarna karat ini disebut Rafflesia Arnoldii.
Rafflesia arnoldii, dimasukan kedalam ordo Euphorbiaceae. Ia dapat tumbuh hingga 3 meter dan beratnya bisa mencapai 15 - 24 pound. Aroma bunga ini seperti daging busuk. Inilah sebabnya mengapa sering disebut Plant Corpse (Bunga Bangkai) oleh penduduk Indonesia.

Desmodium Gyrans: Tanaman Yang Bisa Menari



Ilmuan Charles Darwin menyebut tanaman ini Hedysarum; ilmuan modern menyebutnya Desmodium Gyrans, atau lebih tepatnya hari ini, Codariocalyx Motorius. Nama umumnya adalah Tanaman Penari  atau Telegraph Plant atau Semaphore Plant -Gerakan daunnya mirip sinyal semaphore. Posisi daunya bisa berubah-ubah, dipengaruhi oleh cuaca, kelembaban, dan cahaya.

Euphorbia Obesa: the Baseball Plant



Euphorbia Obesa, juga dikenal sebagai Tanaman Baseball, adalah endemikyang berasal dari daerah Karoo Besar di Afrika Selatan. Tumbuhan ini sudah langka dan terancam punah. Kebanyakan dari mereka sudah banyak dibudidayakan, harga tumbuhan ini sangat mahal dan menjadi salah satu koleksi yang wajib dimiliki oleh para kolektor tanaman si seluruh dunia.

Amorphophallus Titanum: the Corpse Flower



Sebuah bunga yang lebih tinggi dari manusia, bau busuk dikeluarkan oleh bunga ini untuk meniru bau daging yang membusuk. Bunga asli Indonesia ini sering disebut "Bunga Bangkai," hampir sama seperti Raflessia Arnoldii, bunga ini pemakan serangga, menjadi salah satu bunga terbesar di dunia. Para ilmuan yang datang ke Indonesia menyebutnya "Corpse Plant" terdengar seperti judul film horror.

Baobab: Pohon Botol



Baobab adalah nama umum dari tanaman jenis Adansonia yangdidalamnya mengandung delapan jenis pohon, Pohon ini aslidari  Madagaskar, Afrika dan Australia. Juga dikenal sebagai Pohon Botol, mereka tidak hanya terlihat seperti botol, tapi pohon-pohon ini bisa menyimpan sekitar 300 liter air! Tidak heran mengapa mereka bisa bertahan hidup hingga 500 tahun!

Dracaena Cinnabari: Pohon Darah Naga



Dracaena Cinnabari atau Dragon Blood Tree atau Pohon Darah Naga adalah pohon asli kepulauan Socotra. Salah satu tanaman yang paling mencolok dari tanaman-tanaman yang ada di Socotra, sebuah pohon yang aneh berbentuk payung. Pertama kali secara resmi dijelaskan oleh Isaac Bayley Balfour tahun 1882. dipakai simbol oleh Windows sebagai Network-Icon.Getahnya berwarna merah seperti darah, bicari untuk dijadikan obat dan pewarna.

Mimosa PĂșdica: the Shy Plant



Mimosa pudica (pudica = pemalu), atau Putri Malu, ketika daunya menerima rangsangan gerak maka daunnya akan menutup,dan terbuka kembali dalam beberapa menit. Spesies ini berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah dan juga terdapat di Indonesia. Apakah tanaman memiliki perasaan?

Selaginella Lepidophylla: Pohon Kebangkitan




Juga dikenal sebagai Bunga Mawar dari Yerikho, Selaginella Lepidophylla adalah jenis tanaman gurun yang terkenal dengan kemampuannya untuk bertahan hidup selama cuaca kering. Ketika Musim kemarau tanaman ini akan menutup bagian-bagiannya menyerupai bola dan ketika terkena air atau hujan maka mereka akan merekah. tanaman ini asli dari Gurun Chihuahua.

berita unik, info unik, info aneh, top 10, artikel aneh, 10, 10 hal, 10 hal yang paling, 10 hal yang, artikel unik, artikel unik dan aneh, info unik dan aneh, berita unik dan aneh, berita aneh, deretan, 5, 7, 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar