20 Desember 2010

10 Agama Terbesar di Dunia

| 20 Desember 2010

1. Nasrani / Kristen
Kekristenan percaya pada satu Tuhan, sementara tokoh sentral dalam agama Kristen adalah Yesus (atau Kristus), seorang Yahudi yang datang ke dunia ini dengan Immaculate Conception dari Perawan Maria. Kristen dapat membaca tentang kehidupan Yesus, serta nenek moyangnya, dalam teks suci Kristen, Alkitab. Mereka juga percaya bahwa Yesus adalah anak Allah, berpikir bahwa Allah telah menjadi manusia dan penyelamat kemanusiaan. Edisi terbaru dari ensiklopedia dunia Kristen menyatakan bahwa 33% dari populasi dunia christian. Kelompok-kelompok christian utama Roma Katolik, Protestan dan Anglikan


2. Islam
Islam adalah agama terbesar kedua di dunia. Ini berasal dari abad ke-7 dengan ajaran Nabi Muhammad (SAW). Ajaran Islam didasarkan pada Al-Qur'an (diturunkan oleh Allah) dan tradisi. Kaum Muslim percaya pada keesaan Allah dan bahwa Muhammad (SAW) adalah nabi terakhir. Ada lima keyakinan utama dalam Islam. Ada sekitar 57 negara-negara Muslim di dunia. Jumlah Muslim melebihi 1,6 miliar. Syiah dan Sunni adalah dua sekte terbesar dalam Islam.



3. Hindu
Hindu bukan agama dengan keyakinan formal tetapi merupakan hasil kompleks dari 5.000 tahun pembangunan budaya berkelanjutan, Yajur Veda dan Atharva Veda. Hindu percaya pada politheis dan mengakui ribuan dewa dan dewa seperti Brahma, Wisnu, Siwa dan Durga (Kali). sapi ibadah Hindu dan percaya pada reinkarnasi. Saat ini jumlah umat Hindu di dunia adalah sekitar 1,1 miliar, sebagian besar dari mereka tinggal di India (880 juta).


4. Ateis / Tidak Berkeyakinan
Ateis / sekuler: - Ini adalah kelompok yang sangat disperate dan bukan agama tunggal. Meskipun ateis adalah subset kecil dari pengelompokan ini, kategori ini tidak identik dengan ateisme. Sebuah makna yang lebih luas hanyalah tidak adanya keyakinan bahwa setiap dewa ada. Ateisme dibedakan dari teisme, yang dalam bentuk yang paling umum percaya pada keberadaan dewa. Orang pertama untuk mengidentifikasi diri mereka sebagai "ateis" muncul pada abad 18. Saat ini, sekitar 2,3% dari populasi dunia menggambarkan dirinya sebagai ateis, sementara 11,9% lebih lanjut digambarkan sebagai nonatheist. Antara 64% dan 65% dari Jepang menggambarkan diri mereka sebagai ateis, dan 48% di Rusia. Saat ini jumlah ateis di dunia adalah 1 miliar.


5. Budha
Buddhisme adalah agama non-teistik. Ini didirikan oleh Gautoma Buddha pada abad ke-6 SM sebagai reaksi terhadap despotisme Brahmanical dan kekakuan dari sistem kasta. Buddhisme berusaha untuk meniru contoh Buddha yang sempurna, kebijaksanaan moralitas dan kasih sayang yang berpuncak pada transformasi kesadaran yang dikenal sebagai pencerahan. Keyakinan pusat Buddhisme yang didasarkan pada "Empat Kebenaran Mulia". Dengan 700 AD ajaran Buddha telah menyebar ke Cina, Jepang, Tibet, Korea dan Sri Lanka. Namun, hilang setelah di India, tempat asalnya. Saat ini ada sekitar 860 juta umat Buddha di dunia.

6. Sikhisme
Sikhisme didirikan oleh Shri Guru Nanak Dev Ji (1469-1538). Pada Sultanpur, ia menerima Visi untuk memberitakan jalan untuk pencerahan dan Tuhan. Dia mengajarkan monoteisme ketat dan persaudaraan kemanusiaan. Sikhisme menolak penyembahan berhala, dan konsep Hindu opresif kasta. Tanah air Sikh adalah Punjab, di India, di mana Sikh hari ini membentuk sekitar 61% dari populasi. Ini adalah satu-satunya tempat di mana orang Sikh di mayoritas. Sikh telah beremigrasi ke negara-negara di seluruh dunia terutama ke negara-negara Berbicara bahasa Inggris dan negara-negara Asia Timur. Menurut sebagian besar perkiraan, ada 36 dan 40 juta Sikh di dunia.


7. Yahudi
Yudaisme dikembangkan antara suku-suku pengembara Ibrani, Israel dan Yahudi yang berkembang tiga milenium sebelum Kristus. Abraham adalah partriarch tradisional orang-orang Yahudi. Kemudian, Musa menerima perintah-perintah Allah di Gunung Sinai, yang dikenal sebagai "Turat". The Yudaisme mencapai puncaknya kemuliaan dan kekuasaan di bawah raja-raja Daud dan Salomo. Turat adalah teks suci orang Yahudi. Its catatan sejarah, hukum dan mengungkapkan misteri alam semesta. Yahudi percaya pada Allah yang kekal dan tak terlihat tunggal yang menciptakan dunia. Ada tiga sekte utama Viz Yudaisme modern. Ortodoks Yudaisme, Yudaisme reformis dan Yudaisme Konservatif. Jumlah orang Yahudi di dunia adalah sekitar 19,9 juta. Yahudi itu, mayoritas tinggal di Amerika Serikat dan sejumlah besar penduduk Yahudi dibunuh di kamp konsentrasi Nazi selama perang dunia kedua.

8. Shinto
Shinto adalah agama Jepang kuno. Shinto adalah salah satu "Classic sebelas atau dua belas agama utama dunia". kisah penciptaan Shinto bercerita tentang sejarah dan kehidupan para "Kami" (dewa). Para Kami adalah dewa Shinto. Dunia "Kami" umumnya diterjemahkan "Tuhan" atau "Tuhan". Namun, Kami beruang sedikit kemiripan dengan para dewa agama monoteistik. Perkiraan jumlah pemeluk yang putus asa tidak dapat diandalkan. Beberapa sumber memberikan angka dalam kisaran 12,8-13200000. Salah satu sumber memperkirakan 10000 pengikut Shinto di Amerika Utara. Pada dasarnya semua pengikut Shinto adalah Jepang.

9. Jainisme
Jainisme jejak akar untuk suksesi 24 Jinas (mereka yang mengatasi, atau penakluk) di India Timur kuno. Yang pertama adalah Jina tradisional diyakini telah menjadi raksasa yang hidup 8,4 juta tahun yang lalu. Yang Jina paling baru dan terakhir adalah vardhamana. Jainisme mengandung banyak unsur yang agak mirip dengan bagian dari Hindu dan Budha. hampir 4 juta di dunia Jain yang hampir seluruhnya terletak di India. Ada sekitar 11 juta Jians seluruh dunia.

10. Bahai's Iman
Bahai's Iman: - Iman Bahai juga merupakan bungsu dari agama-agama utama di dunia. Saat itu didirikan di Iran pada pertengahan abad ke-19 oleh Siyyid Ali-Muhammad (1819-1850 M). Dia menganggap judul Bab (Gerbang) dan nubuatan kedatangan masa depan "yang lebih besar daripada diri-Nya". Bahai's percaya pada Tuhan tunggal yang telah berulang kali mengirimkan nabi ke dunia melalui siapa ia telah mengungkapkan "dunia Allah". Nabi termasuk Adam, Krishna, Buddha, Yeshua dari Nazareth (Yesus). Iman Bahai masih dipandang oleh banyak Muslim sebagai sebuah sekte yang memisahkan diri dari Islam. Ada sekitar satu juta pengikut agama ini di seluruh dunia. Warga muslim menganggap sekte ini sesat dan bukan islam sesungguhnya.


Source : www.minangforum.com (+editing)

20 komentar:

  1. wow ternyata yang terbesar itu kristen toh.. baru tau.. btw total agama kristen brapa?

    BalasHapus
  2. ko islam no 2 gan , bukan nya didunia ini 95% islam ... terima kasih gan atas infonya !!

    BalasHapus
  3. @milsi : ia sob, kita liat aja negara2 islam di dunia, mayoritas nya ada di benua asia dan afrika, sedangkan nasrani hampir menyebar diseluruh dunia

    BalasHapus
  4. 95 % ??? Waduh di Indonesia boleh terlihat banyak tapi di dunia ??

    BalasHapus
  5. AGNOTIK nomer 1 gan kalo gak no 3 minimal ini kok gak ada ?

    BalasHapus
  6. @ceritakan padaku tentang indahnya : Agnotik tuh kepercayaan apa ya gan ? ane blom begitu tau? -___- hhe

    BalasHapus
  7. di indonesia saja ga bisa dikatakan 95%,95% itu dijawa,.
    Klo didunia jauhnya minta ampunnnnn dehhH.... :-)

    BalasHapus
  8. Jd memang Kristen itu terbanyak di Dunia..Itupun krn orang Kristen teristimewa berada di negara maju dimana jumlah anak terbatas dengan cuma satu istri...sebaliknya Islam mayoritas di negara sedang berkembang dengan jumlah anak banyak dan kawin bisa lebih dari satu...

    BalasHapus
  9. mantap agan infonya sukses terus yah gan

    BalasHapus
  10. Terserah yang mana yang banyak antara Islam dan Kristen. Yang jelas agama terbesar itu bukan Yahudi. mati aja LOE Yahudi...

    BalasHapus
  11. tq info nya gan,sukses truss

    BalasHapus
  12. @Anonymous: thanks gan..

    BalasHapus
  13. Sebenarnya semua agama kecuali Kristen dan Yahudi itu penyembah BERHALA.. Kenapa Bisa Demikian?? Bukti nyata umat islam kalau sholat kenapa sujud menghadap KA'BAH?? bukankah KA,BAH itu BATU HITAM?? lantas apa bedanya islam dengan agama hindu, budha,dan konghucu yang jelas sama-sama menyembah patung?? Padahal di dalam al'quran ada ayat yang mengatakan tidak boleh menyembah patung, batu, pohon dan sebagainya.. Lantas kenapa dalam prakteknya umat islam kalau sholat menyembah dan sujud terhadap batu??? Sungguh, teori dan praktek sangat kontradiksi alias bertentangan.. Pasti jawaban dari umat islam adalah “saya tidak menyembah batunya, tapi menyembah allah”.. BENAR APA TIDAK JAWABAN SAYA??.. OK lanjutkan.. Coba Anda tanya kepada umat Hindu, Budha, Konghucu.. pasti jawabannya akan sama kalau di tanya hal demikian .. pasti mereka akan menjawab kami tidak menyembah patungnya.. tapi kami menyembah tuhan.. LANTAS APA BEDANYA ISLAM DENGAN AGAMA-AGAMA YANG SAMA-SAMA MENYEMBAH PATUNG??? JELAS TIDAK ADA.. KARENA SAMA2 MENYEMBAH BENDA alias BERHALA.. MENURUT ISLAM BERHALA ITU APA??? APAKAH SUJUD MENGHADAP BATU HITAM TIDAK DISEBUT BERHALA??? SUNGGUH NAIF…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menjelekkan agama lain hanya akan membuat anda dan agama yg anda imani terlihat lebih buruk. :)

      Hapus
    2. Berhala... Tuhan ada dimana". Tuhan ada di dpn anda. Di blakang anda. Di patung. Di pot. Pohon. Tengah jalan. Tngah sawah. Bahkan ada di kamar mandi. Toilet. Pembuangan air. Di dunia. Di samudra di tembok. Di rumah. Dimana". Tuhan ada di smua tempat. Tidak ada agama di dunia ini yg menyembah berhala. Tp menyembah tuhan dgn simbol. Sprti islam yg menyembah kabah nya. Krna mreka menyembah tuhan bukan si kabah. Itu hanya simbol saja. Sprti budha dan hindu yg menyembah patung. Krna tuhan yg mreka sembah. Di simbolkan dan di wujudkan dalam seni patung. Seperti kristen dan katolik yg menggunakan lilin dn greja dan patung yesus... Anda salah dlm sgala hal. Bahkan pemahaman tentang tuhan

      Hapus
  14. @Wong Yakuza
    Sebenarnya tuduhan muslim menyembah Ka’bah dan Hajar Aswad adalah fitnah basi yang sudah sering dibahas dimana-mana.
    Berikut ini bukti Hajar Aswad bukan Allah, dan muslim tidak menyembah Hajar Aswad:

    Jika berada dalam suatu tempat yang tidak diketahui arah mata anginnya, atau sedang duduk di dalam kendaraan yang jalannya berkelok-kelok, maka umat Islam boleh melakukan shalat dengan menghadap ke arah mana saja.

    Karena Allah berfirman:

    “Dan kepunyaan Allah-lah timur dan barat, maka ke mana pun kamu menghadap di situlah wajah Allah. Sesungguhnya Allah Maha Luas (rahmat-Nya) lagi Maha Mengetahui” (QS. Al-Baqarah 115).

    Kabah merupakan penentu arah sholat , Itu adalah perintah dari Allah SWT. Kalau perintahnya seperti ya mau gimana lagi ?

    Buat apa juga kristen membuat patung yesus ?????
    padahal dalam alkitabnya pun jelas2 dilarang

    KELUARAN 20: 4-5 "Janganlah membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit diatas atau yang ada dibumi dibawah, atau yang ada didalam air di bawah bumi. jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya."

    ULANGAN 4:23 "Hati-hatilah, supaya jangan kamu melupakan perjanjian Tuhan, Allahmu, yang telah diikat-Nya dengan kamu dan membuat bagimu patung yg menyerupai apapun yang oleh Tuhan, Allahmu dilarang kau perbuat."

    IMAMAT 26:1 "Janganlah kamu membuat berhala bagimu, dan patung atau tugu berhala janganlah kamu dirikan bagimu, juga baru berukir janganlah kamu tempatkan di negrimu untuk dujud menyembah kepadanya, sebab Akulah Tuhan, Allahmu."

    Sungguh NAIF sekali

    BalasHapus
  15. @Wong Yakuza : penjelasannya sudah di jelaskan oleh agan Patdan.
    dan sholat tetap sah kalopun kita lagi di kendaraan yang notebene berbolak belok atau kita benar2 sedang tidak tau arah mata angin.

    BalasHapus
  16. Setiap ada artikel/berita yg menyangkut tentang agama, orang2 agama myoritas pasti menghina agama lain wkwkwk ngakak. Bocah bgt

    BalasHapus
  17. Klo urusan agama.. semua langsung nge jelek2 in agama orang.. :v Kita punya jalan masing2 menuju TUHAN .. tapi hal itu tidak membuat kita terpecah belah..

    BalasHapus
  18. Baca" komentar komentar anda" sekalian mlh sprti komentar perseteruan 2 fans boy club

    Trkdng manusia itu naif. Bhkn bodoh.
    Trkdng akal sehat tidak berfungsi tp hnya emosi
    Slalu tntang agama yg di anut adalah yg terbaik tnpa mengerti agama lain. Saling hina sama hina sini. Seakan anda bukan orang "beragama" tp Fans Boy "agama" yg hnya brkata "agama ku trbaik. Agama mu buruk".
    Sedangkan sebenarnya smua agama mengajarkan hal yang hampir sama.. Tp dgn bahasa dan budaya yg berbeda... Islam dgn budaya arabnya.... Hindu dgn budaya indianya. Kristen dgn budaya timur dan campura. Barat. Shinto dgn budaya jepangnya...
    Smua agama mengajarkan sesuatu tentang alam. Tuhan . dan sesama mahluk hidup apa lg sesama manusia..
    Agama di ciptakan manusia bukan tuhan. Agama tercipta untuk mendekatkan diri kepada tuhan bukan untuk di bangga" kan. Agama bukan artis. Tp budaya suatu generasi untuk menyembah dan mengagungkan tuhan. Agama anda boleh yg terbaik bagi anda. Tp belum tentu untuk orang lain

    BalasHapus