Selamat Datang di PORTAL UNIQUE
Kini Kami LEBIH INDONESIA!

13 Dewa Mitologi Mesir Kuno

Menurut catatan sejarah, bangsa Mesir Kuno menyembah banyak Dewa (polytheisme) dan belum menemukan paham Ketuhanan Yang Maha Esa (ada yang menyamakan dengan paganisme). Menurut kepercayaan Mesir Kuno, para Dewa merupakan makhluk-makhluk yang lebih berkuasa daripada umat manusia dan mengatur aspek-aspek kehidupan umat manusia. Mereka memberkati manusia, melindungi manusia, menghukum manusia, dan mencabut ajal manusia. Dewa-Dewi dalam kepercayaan bangsa Mesir Kuno merupakan penguasa setiap bagian dan unsur alam. Para Dewa merupakan Tuhan tersendiri sesuai dengan kemahakuasaan yang dimilikinya. Para Dewa yang menentukan nasib setiap orang.


Berikut ke 13 Dewa Dewi MESIR KUNO :


1.Ra
image
Ra (sering diucapkan sebagai Rah, tetapi lebih tepat sebagai RE) adalah dewa matahari Mesir kuno. Pada kelima dinasti ia menjadi  dewa besar dalam agama Mesir kuno, diidentifikasi dengan ciri 'matahari tengah hari'. Ra sangat banyak berubah dari waktu ke waktu, terdapat juga nama Kota asal dewa yaitu kota Heliopolis yang berarti “Kota Matahari” oleh orang Yunani Kuno.
kemudian,Ra bergabung dengan dewa Horus, sebagai Re-Horakhty. Ketika mencapai posisi penting dalam jajaran Mesir, ia dipercaya untuk memimpin langit, bumi, dan di bawah tanah. Dia dikaitkan dengan elang, serta simbol dewa matahari yang melindungi fir’aun.


2.Osiris
image
Osiris digambarkan sebagai dewa yang menggunakan mahkota, yang mirip dengan mahkota putih dari Mesir. Dia juga membawa crook dan cambuk. Alat yang menyerupai lekukan diperkirakan untuk mewakili Osiris yang berperan sebagai Dewa Gembala


3.Amon
image
Amon adalah seorang dewa dalam mitologi Mesir yang biasa disebut Amun-Ra. Berperan sebagai dewa pencipta , ia adalah pelindung kaum miskin dan pusat kesalehan. Amun menciptakan dirinya sendiri, tanpa ibu dan ayah, dan selama 'Kerajaan Baru' di Mesir ia menjadi Dewa Besar do teologi Mesir.. Amun-Ra, tidak secara fisik yang menciptakan alam semesta. Posisinya adalah sebagai Raja Dewa. Selain Osiris, Amun-Ra adalah nama Dewa yang paling banyak yang tercatat dalam peninggalan-peninggalan  Mesir.

4.Isis
image
Isis adalah Dewi di mesir kuno, dia juga disembah di beberapa negara di seluruh dunia semisal Yunani-Romawi. Dia dipuja sebagai ibu yang ideal, istri, pelindung alam dan sihir. Dia adalah teman budak, orang-orang berdosa, pengrajin, kaum tertindas, serta mendengarkan doa orang-orang kaya, gadis, bangsawan dan penguasa. Isis adalah dewi ibu dan kesuburan.

5.Hathor
image
Hathor adalah seorang Dewi Mesir Kuno yang dipersonifikasikan dengan feminin, cinta, keibuan dan sukacita. Dia adalah salah satu dewi yang paling penting dan paling populer sepanjang sejarah Mesir Kuno. Hathor yang disembah oleh masyarakat umum, dan gambarnya banyak terdapat pada kuburan orang Mesir Kuno dia digambarkan sebagai “pemimpin Barat” menyambut orang mati ke kehidupan selanjutnya. Peran lain dia adalah seorang dewi musik, tari, dan kesuburan, yang membantu perempuan dalam proses melahirkan


6.Horus
image
Horus adalah salah satu dewa yang paling tua dan paling penting didalam agama Mesir kuno, yang di puja, setidaknya sampai akhir periode Predinastik pada masa Yunani-Romawi. Berbagai bentuk rupa Horus dicatat dalam sejarah. Bentuk paling umum adalah Horus Falcon yang merupakan dewa pelindung Nekhen di Mesir.

7.Maat
image
Maat adalah Dewi Mesir kuno dengan konsep kebenaran, keseimbangan, keteraturan, hukum, moralitas dan keadilan. Dewi Maat juga di anggap sebagai Dewi yang mengatur bintang – bintang, musim dan cuaca, serta tindakan-tindakan baik manusia dan para dewa, yang mengatur alam semesta dari kekacauan. Peran utamanya dalam mitologi Mesir berurusan dengan penimbangan jiwa-jiwa yang terjadi di dunia bawah, bulu nya adalah ukuran yang menentukan apakah jiwa-jiwa orang yang sudah meninggal akan mencapai surga dengan selamat atau terlempar ke neraka.

8.Nephthys
image
Nephthys adalah dewi yang asalnya belum ditentukan, namanya mengandung arti “Lady of the House,” Dia adalah Dewi “ibu rumah tangga,”.

9.Anubis
 image
Anubis adalah dewa pelindung dari kematian dan pembawa manusia ke alam baka. Dia biasanya digambarkan sebagai manusia berkepala serigala atau setengah manusia, setengah serigala, atau dalam bentuk serigala lengkap mengenakan pita dan memegang cambuk di lekuk lengannya. Serigala itu sangat kental dengan kuburan di Mesir kuno,warna daging yang membusuk pada mumi dan terdapat tanah hitam di lembah Sungai Nil, melambangkan kelahiran kembali

10.Sobek
 image
Di Mesir kuno, Dewa Sobek digambarkan sebagai buaya biasa, atau sebagai seorang laki-laki dengan kepala buaya. Dianggap sebagai pelindung pasukan firaun, ia ditampilkan dengan simbol otoritas raja. Dia juga digambarkan membawa salib di tangan kirinya seperti dewa-dewa lain, yang mewakili kemampuannya untuk melawan kejahatan dan menyembuhkan penyakit. Ia pernah menjadi Sobek-Ra, ia juga digambarkan dengan memakai cakram matahari di atas kepalanya.

11.Thoth
 image
Thoth dianggap sebagai salah satu dewa yang penting di Mesir,
sering digambarkan dengan lelaki dengan kepala burung, dari suatu Ibis. Dia memimpin masyarakat setempat,  Thoth diberi nama Hermopolis oleh orang-orang Yunani.


12.Sekhmet
 image
Dalam Mesir kuno, Sekhmet digambarkan sebagai singa betina, pemburu paling sengit yang dikenal di Mesir. Dia dipandang sebagai pelindung  fir’aun dan memimpin dalam peperangan.
Sekhmet kemudian dianggap sebagai ibu Maahes, seorang dewa yang muncul pada' Kerajaan Baru'. Dia terlihat seperti pangeran singa.

13.Khnum
image
Dalam Mesir Kuno, Khnum adalah salah satu dewa Mesir yang paling pertama muncul, awalnya menjabat sebagai dewa sumber Sungai Nil. Karena banjir tahunan Sungai Nil membawa lumpur dan tanah liat untuk membuat bangunan, dan membawa air kehidupan untuk sekitarnya, ia dianggap sebagai dewa pencipta tubuh manusia, anak-anak dan barang-barang.


Source : http://deikylutfi.tumblr.com/ (+editing)

19 Comments:

Anonymous said...

Dewa mesir bukan 13 jumlahnya, tapi 16 :)

Agreva Tania said...

Wah.. Ijin copy ya:) Thank you:)

Portal Unique said...

@Anonymous : mungkin ini yang terkenalnya gan.

@Agreva : silahkan sist.jangan lupa sumbernya :)

Anonymous said...

mereka lah, para dewa tersebut yg menyebut diri nya kami di dalam Al quran..dan sebutan alloh dalam huruf arab..adalah simbol dari jumlah mereka yg adalah 13..

Portal Unique said...

@Anonymous : wah kebenarannya harus dipertanyakan tuh gan.

Anonymous said...

So teu loe

Anonymous said...

@anonymou lw yg sok tau..agama kamu apa?
kata kami di al-quran itu di artikan Allah menciptakan sesuatu atau Allah melakukan sesuatu dengan perantara malaikat.
sedangkan dewa itu adalah makhluk ciptaan Allah yg pertama kali menduduki bumi sebelum manusia.d kitab d ceritakan manusia sebagai makhluk yg menduduki bumi tp tidak di jelaskan yg pertama kali..

dewa adalah malhluk ciptaan Allah yg mmpunyai kmampuan melebihi manusia yg mnduduki bumi sebelum manusia.mereka di binasanakan oleh Allah..karena melanggar perintah Allah..lihatlah simbol yg d bawa para dewa..itu bukan salib melainkan simbol setan

Portal Unique said...

@Anonymous: yah kalo itu sih pendapat agan, persepsi orang beda2 gan :)

bambang said...

yaya..

Haris Hariyanto said...

Yup, setuju. Dalam Al-Quran manusia disebut sebagai "Khalifah di bumi". Sedangkan kata khalifah artinya "pengganti". Mungkin manusia menggantikan dewa-dewa tersebut di bumi.

Portal Unique said...

@bambang : kenapa om? hehe inget mummi yah kalo denger mesir?

@Haris Hariyanto : mungkin lebih tepatnya yang dimaksud Dewa disini adalah Jin, Jin kan sempat menghuni bumi sebelum diciptakannya manusia. bener kan?

Fisika said...

Wah. lengkap namun sederhana. mantap gan untuk pengetahuan umum :)

Portal Unique said...

@Fisika : semoga bermanfaat gan. :)

Anonymous said...

Hargai kepercayaan orang lain. Tau apa lo tentang sejarah, jngn langsung ng judge yah

Artando Sadewa said...

Oke.. pengetahuan gue tambah.. siplah..

Portal Unique said...

@Artando : sering-sering berkunjung kemari :)

teyo said...

Mantab cuy simpel jelas padat good job lah Hahay

zas said...

Makasih artikelnya...:)

Portal Unique said...

@teyo + Zas : Sama-sama, thanks for coming sob.

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Portal Unique © 2011 Some Reserved