25 September 2011

10 Bakteri yang Menguntungkan bagi Manusia

| 25 September 2011
 http://assets.kompas.com/data/photo/2008/11/12/072912p.jpg
1. Rhizobium / Rhizopus
Bakteri ini berperan dalam mengikat nitrogen pada akar tanaman polong-polongan. Fermentasi pada pembuatan tempe


2. Escherichia coli
Bakteri Escherichia coli. Bakteri ini berperan dalam proses pembusukkan sisa makanan dan membentuk vitamin K dan vitamin B12 yang berada dalam usus besar.


3. Acetobacter xylinum
Bakteri Acetobacter xylinum berperan dalam pembuatan "Nata de' coco".


4. Pseudomonas sp
Bakteri Pseudomonas sp berperan dalam pembuatan vitamin B.


5. Candida krussei
Bakteri Candida krussei berperan dalam pembuatan cokelat.

6. Pseudomonas, Xantomonas
Bakteri Pseudomonas, Xantomonas, Flavobacterium dan Streptomyces berperan dalam pembusukan sampah organik.

7.
Streptococcus termophylus
Bakteri Streptococcus termophylus berperan dalam pembuatan mentega.


8. Streptomyces griceus
Bakteri Streptomyces griceus. Bakteri ini mampu membentuk antibiotik streptomisin.


9. Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus bulgaricus
Bakteri Streptococcus termophylus dan Lactobacillus bulgaricus berperan dalam pembuatan yoghurt.


10. Streptococcus sp. Dan Propionibacterium skermanisi
Bakteri Streptococcus sp. Dan Propionibacterium skermanisi berperan dalam pembuatan keju. 




Contribution : portalunique, id.wikipedia & kaskus.us

14 komentar:

  1. Bagi teman2 yang pengen tahu detail tentang bakteri, klik saja di namaq.
    semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  2. OK gan ..mksh udh share

    BalasHapus
  3. Posting seklaian bakteri yang merugikan bagi manusia. OK.

    BalasHapus
  4. @singgih : akan saya coba posting :D

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. @Ayu @noval : thanks for visited. senang bisa membantu.

    BalasHapus
  7. Bakteri jahat-nya dong min.. Terimakasih ^^

    BalasHapus
  8. ini ada sumbernya tdk?
    maaf tapi setau saya ada beberapa yg anda sebutkan itu bukan bakteri....

    BalasHapus
  9. @Anonymous : dapet dari kaskus dan wikipedia.

    BalasHapus
  10. @uzumaki : haha tugas seklah ya gan ??

    BalasHapus
  11. Di bawah ini adalah beberapa jenis bakteri yang sangat berbahaya :

    Esherichia Coli, terdapat di hampir semua jenis bahan makanan baik yang berasal dari tanaman (sayur, buah maupun hasil pertanian lain) ayau pun hewan (daging, susu dll)

    Bacillus Cereus, ada di berbagai jenis biji-bijian (padi, gandum, jagung, kacang dll). daging, ramuan bumbu dan makanan yang dikeringkan

    Staphylococcus Aureus, dari semua jenis makanan yang berasal dari hewan atau tumbuhan, baik dalam bentuk ataupun hasil olahannya. Juga banyak ditemukan pada berbagai jenis sayuran

    Vibrio Parahaemolyticus, terdapat pada bahan makanan hasil laut dan olahannya terutama kepiting, udang ikan, kerang rajungan dsb

    Clostridium Perfringens, terdapat pada daging mentah, ikan mentah, sayuran, ramuan bumbu serta makanan yang sudah diolah

    Clostridium Botulinum, ada di semua bahan makanan dari daging dan ikan, terutama yang sudah diawetkan melalui pengalengan dan kemasan tertutup rapat. Jenis racunnya ampuh, bisa menyebabkan kematian.

    Pseudomonas Cocovenenans, penghasil racun bongkrek (asam bongkrek dan toksoflawin) pada tempe bongkrek. Banyak orang keracunan akibat racunnya yang kuat dan tak jarang berujung pada kematian

    Salmonella Typhi dan Salmonela Paratyphi, bakteri penyebab penyakit tipus dan paratipus yang menyerang usus halus. Penghasil racun yang sangat kuat pada makanan.

    Camphylobacter, banyak ditemukan pada susu mentah, daging ayam dan unggas lainnya

    Karena di dalam bahan makanan banyak terdapat bakteri yang tidak kita ketahui, maka seyogyanya kita berhati-hati dalam mengolah bahan makanan yang akan kita masak. Selain itu juga harus diperhatikan cara pengolahan, penyimpanan maupun saat makanan dihidangkan.

    Bahan makanan berikut ini perlu perhatian ekstra baik cara pengolahan, penyimpanan maupun penyajiannya supaya aman dikonsumsi :

    Air
    Kalau belum diketahui benar kebersihan, sanitasi dan kesehatannya harus direbus terlebih dahulu sebelum diminum. Air mineral dalam kemasan yang sudah diolah melalui berbagai proses aman dikonsumsi, namun perlu diperhatikan pula batas kadaluarsanya.

    Susu segar
    Kecuali susu dalam kemasan,usahakan untuk tak diminum langsung sebelum dipanaskan dengan suhu tertentu atau di pasteurisasi. Sebab bakteri patogen (penyebab penyakit) yang ada di dalamnya bisa menyebabkan diare atau mencret-mencret, racunnya sangat kuat.

    Daging segar
    Simpan pada temperatur yang rendah dalam lemari pendingin. Komponen daging merupakan bahan yang sangat bagus untuk pertumbuhan bakteri penyebab penyakit, keracunan, perlendiran dan pembusukan. Daging segar yang dijual di pasaran biasanya berwarna merah segar dan baunya juga khas.

    Makanan kalengan
    Meski makanan kaleng sudah diolah dan diawetkan secara baik dengan persyaratan tertentu, tetapi untuk jenis ikan atau daging (kornet, sarden dsb) harus diamati dengan seksama. Jika terjadi penggelembungan pada kaleng atau tutupnya sebaiknya dihindari. Biasanya hal itu terjadi karena adanya bakteri aktif di dalamnya yang mengeluarkan gas.

    Roti
    Roti yang baunya sudah tidak enak, apek, tengik dan berjamur sebaiknya dibuang untuk menghindari terjadinya keracunan. Selain itu adanya jamur penghasil mikotosin berpotensi menyebabkan kanker pada manusia.

    Es krim
    Walau oleh pabriknya sudah diproses dengan baik, namun diusahakan es krim yang akan disimpan agar tetap beku atau belum mencair. Bahan pembuat es krim sangat mudah ditumbuhi bakteri patogen dan bakteri penghasil racun lainnya.

    Barangkali ada yang ingin menambahkan, silahkan isi pada kolom komentar saja.

    By Muhammad Mufti • Posted in Kedokteran, kesehatan • Tagged bakteri beracun, bakteri berbahaya, bakteri berguna, bakteri dalam bahan makanan, bakteri menguntungkan, bakteri merugikan, bakteri pencemar lingkungan, bakteri penghasil racun, bakteri penyebab keracunan, bakteri penyebab penyakit, bentuk bakteri, cara mengolah makanan yang baik, jenis-jenis bakteri, macam-macam bakteri, makanan beracun, makanan mengandung bakteri, makanan penyebab penyakit, makanan yang aman dikonsumsi, nama-nama bakteri, reaksi bakteri

    BalasHapus
  12. @Anglie : wah info nya bermanfaat sekali, terima kasih sudah menambahkan gan.

    BalasHapus