20 September 2011

6 Senjata Tercanggih di Dunia Milik Navy SEALs

| 20 September 2011
Inilah 6 Senjata Tercanggih Di Dunia Milik "Navy SEALs" Pasukan Militer Terbaik Dunia

Dari berita majalah Time dan juga cuplikan video televisi ABC News yang ane lihat di Youtube gan, diketahui bahwa pasukan militer Amerika Serikat yang paling elite adalah Navy SEALs. Tentara SEALs serba-bisa di setiap medan perang: udara, air, dan darat. Di dalam SEALs terdapat satu grup bernama Team 6 atau Team Six, yang biasa dijuluki sebagai “anggota elite dalam pasukan elite,” dan merekalah yang memburu serta membunuh Osama bin Laden.
Pasukan khusus Team 6 dibentuk tahun 1980 gan setelah Amerika gagal membebaskan warganya yang disandera oleh teroris di Iran  . Serdadu elite ini telah sering berhasil di medan tempur seperti Perang Irak dan Afghanistan  . Identitas mereka tidak dibuka kepada umum, termasuk siapa nama anggotanya yang menembak mati Osama tetap dirahasiakan sampai hari ini gan. Kalau misalnya ada prajurit Team Six yang tewas, pemerintah Amerika Serikat akan menyebutkan nama mereka tetapi tidak akan mengatakan bagaimana dan di mana mereka terbunuh.

1. Helikopter MH-60K Sikorsky Black Hawk
Pesawat bertubuh besar membawa helikopter ini dari markas mereka di Kentucky menuju Pakistan . Helikopter Sikorsky Black Hawk adalah hasil modifikasi. Tugas utama peralatan canggih ini untuk menerbangkan tentara anggota pasukan khusus Navy SEALs yang dijuluki Team 6 ke lokasi persembunyian Osama di Pakistan gan. Heli ini telah dimodifikasi dengan sistem siluman, sehingga akan sulit tertangkap radar saat terbang, dan suaranya pun tidak sebising helikopter pada umumnya gan. Pada pintu-pintunya terpasang berbagai jenis senjata berat.

2. Helikopter MH-47 Chinook Heavy-Assault
 
Pesawat heli ini gan termasuk salah satu yang paling canggih di dunia. Ia memiliki dua baling-baling. Ada teknologi Fast Rope Insertion Extraction System untuk memasukkan personil dan peralatan secara cepat gan. Terdapat tiga senjata berat di tubuh helikopter ini gan. Krunya tiga orang. Mampu mengangkut sampai 30 orang prajurit gan. Heli ini jugalah yang dipakai membawa jasad Osama bin Laden sebelum dibuang ke laut.

3. Pistol SIG Sauer P226 Sidearm (juga dijual untuk umum)
Senjata api genggam P226 ini adalah pistol standar bagi pasukan militer khusus Navy SEALs. Komponen-komponen utama pistol ini berbahan stainless, sedangkan rangkanya terbuat dari aluminium khusus. Pelurunya 15 biji, berukuran 9mm. Kelebihannya dibandingkan pistol tentara pada umumnya gan adalah karena tahan terkena air atau suhu ekstrem tanpa keropos atau berkarat. Pistol canggih ini juga dijual untuk umum di negara Amerika Serikat gan dengan harga sekitar Rp9 juta perpucuk atau $1,038.

4. MK-18 Rifle 

Masih menurut berita di majalah Time , senjata laras-panjang medium inilah yang dipakai anggota pasukan elite Team 6 saat menembak mati Osama bin Laden pada tanggal 2 Mei 2011. Bobotnya yang ringan dan panjangnya yang pas membuat militer lebih mudah untuk bergerak di sarang musuh gan, termasuk saat bergerak dalam ruangan sempit atau tangga. Isi magasinnya 30 butir peluru ukuran 5.56mm.

5. SR-25 Semi-Automatic Sniper Rifle
Jenis senjata berat ini hanya terkadang dibawa oleh anggota pasukan elite Navy SEALs. Tembakannya diklaim lebih akurat daripada senjata canggih MK-18 yang dipakai oleh kebanyakan serdadu SEALs. Bisa dipasangi teropong-malam hari Nightforce. Sanggup menembak akurat hingga sejauh setengah mile (804,7 meter).
 
6. Anjing Pelacak Khusus Cairo (Cairo the SEAL Dog)
Anjing pelacak bernama Cairo. Dipasangi berbagai alat militer tercanggih seperti kamera night vision. (Hak cipta foto: time.com.)

Perusahaan K9 Storm di Kanada memasangkan alat khusus yang berfungsi melindungi bagian jantung anjing ini gan dari tembakan senjata musuh. Berbagai alat militer yang dipasang di tubuh anjing pelacak Cairo berharga sampai $2,800. Ini termasuk kamera yang mampu membidik di malam hari, dan bahkan di tubuhnya bisa dipasang tas kecil berisi parasut, sehingga anjing Cairo dapat diikutkan dalam penerjunan dari pesawat ke wilayah tempur.


2 komentar: