18 Mei 2011

10 Angka Paling Unik dalam Matematika

| 18 Mei 2011

Di bawah ini disajikan 10 (sepuluh) bilangan sangat berpengaruh dalam dunia perhitungan, khususnya, dan matematika pada umumnya. Angka atau bilangan ini mempunyai karakteristik tertentu, yang unik sehingga dapat masuk digolongkan sebagai angka atau bilangan paling unik.

Pemenang (10 besar) yaitu:

1. Angka 0 (nol) menduduki posisi pertama. Tidak ada angka yang mengalami perjuangan begitu lama sebelum diakui keberadaannya, selain angka nol.

2. Bilangan phi, π. Apa jadinya jika tidak ada bilangan ini? Sulit menghitung luas, dengan akurasi tinggi, untuk bentuk-bentuk yang mengandung lengkungan terutama lingkaran.

3. Bilangan e, besarnya 2,7182…, adalah dasar (base) logaritma natural; limit (1+1/n)n terus meningkat sampai tak-terhingga.

4. Bilangan imajiner, i. Guna menemukan nilai x dari persamaan x² + 1 = 0, tidaklah mungkin menemukan x sebagai bilangan riil, namun muncul sebagai bilangan imajiner yang dilambangkan dengan i dengan besar √-1.

5. √2. Hasil akar dua adalah 1,414214….

6. Angka 1, karena semua bilangan apabila dikalikan satu hasilnya adalah bilangan itu sendiri

7. Angka 2 adalah satu-satunya bilangan genap yang termasuk bilangan prima

8. Gamma dari Euler Konstanta Euler

9. Konstanta Chaitin disebutkan banyak kemungkinan bahwa algoritma yang dipilih secara random akan membuat suatu komputer hang

10. Bilangan И0 (Aleph naugh) adalah bilangan transfinite. Matematikawan memberi notasi И0 untuk bilangan rasional tak-terhingga (infinite). Ada hubungan antara bilangan ini dengan bilangan irrasional tak-terhingga (infinite) yang diberi notasi C dalam bentuk C = 2И0. Hipotesis kontinuum dinyatakan sebagai C = И1.




Source (+editing)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar