13 September 2011

10 Fakta Menarik tentang "Besi"

| 13 September 2011
Besi adalah salah satu elemen yang Anda temui dalam bentuk murni. Hal ini penting untuk gizi dan digunakan dalam berbagai benda rumah tangga. Berikut adalah beberapa fakta tentang besi cepat. Anda dapat menemukan informasi lengkap tentang besi di halaman besi fakta. 
http://www.ivstandards.com/extras/pertable/images/solid/fe.gif

1. Besi adalah unsur yang telah dikenal dalam bentuknya yang murni untuk setidaknya 5.000 tahun. Nama "besi" berasal dari "besi" kata Anglo-Saxon dan Skandinavia "iarn" untuk logam. 

2. Simbol elemen untuk besi adalah Fe, yang berasal dari kata Latin untuk besi, "zat besi". 

3. Besi adalah salah satu elemen yang paling banyak. Ini terdiri dari sekitar 5,6% dari kerak bumi dan hampir semua inti bumi. 

4. Penggunaan terbesar besi adalah untuk membuat baja, paduan besi dan sejumlah kecil karbon. Menurut catatan achaeological dari Anatolia, manusia telah memproduksi baja untuk setidaknya 4.000 tahun. 

5. Besi adalah logam transisi. 

6. Besi tidak selalu magnet! The alotrop (atau bentuk) atau besi feromagnetik, namun jika ditransformasikan ke alotrop b, magnet menghilang meskipun kisi kristal tidak berubah. 

7. Hewan dan tumbuhan memerlukan besi. Tanaman menggunakan besi dalam klorofil, pigmen yang digunakan dalam fotosintesis. Manusia menggunakan besi dalam molekul hemoglobin dalam darah untuk memungkinkan pengangkutan oksigen ke jaringan seluruh tubuh. 

8. Meskipun besi merupakan mineral penting, terlalu banyak hal ini sangat beracun. besi bebas dalam darah bereaksi dengan peroksida membentuk radikal bebas yang merusak DNA, protein, lipid dan komponen selular lainnya, menyebabkan penyakit dan kematian kadang-kadang. 20 miligram zat besi per kilogram berat badan adalah beracun, sedangkan 60 miligram per kilogram yang mematikan. 

9. Terutama besi membentuk senyawa dengan +2 dan +3 oksidasi. 

10. Besi dibentuk melalui fusi dalam bintang yang memiliki massa yang cukup. Matahari dan bintang-bintang lainnya mengandung sejumlah besar zat besi.
Source : http://cooluniquefact.blogspot.com/2010/11/10-fakta-menarik-tentang-besi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar