19 Oktober 2018

5 Cara Menghindari Perdebatan Di Media Sosial

| 19 Oktober 2018
5 Cara Menghindari Perdebatan Di Media Sosial 
Akhir-akhir ini banyak sekali perdebatan yang terjadi di media sosial. Beberapa orang mulai berdebat karena perbedaan pendapat atau bahkan hanya karena salah memahami status yang ada di media sosial. Berikut beberapa tips untuk membantu Anda terhindar dari perdebatan di media sosial:


1. Pikirkan sebelum mengunggah
Selalu pikirkan dua kali sebelum Anda membagikan sesuatu dan jangan menuliskan status saat Anda sedang marah. Bahkan jika Anda berubah pikiran dan menghapus tulisan atau gambar tersebut, mungkin Anda sudah terlambat karena teman-teman Anda sudah membacanya.

2. Selektif terhadap orang-orang yang Anda izinkan untuk mengikuti Anda
Media sosial mendorong kita untuk mengumpulkan teman dan pengikut. Tetapi kenyataannya, kita berteman dengan orang-orang yang bukan teman sesungguhnya di kehidupan nyata--kadang orang tersebut hanya Anda kenal sekilas. Semakin banyak teman yang tidak Anda kenal, semakin besar kemungkinan ‘drama’ di media sosial terjadi. Bagi mereka yang tidak menyukai pendapat Anda, mereka dengan leluasa berdebat karena tidak takut kehilangan Anda sebagai teman di dunia maya. 

3. Memahami bahwa tulisan Anda bisa membuat orang lain salah paham
Media sosial sangat mudah menimbulkan salah paham karena Anda tidak dapat melihat ekspresi atau mendengar nada suara sehingga kadang apa yang Anda baca tidak sesuai dengan konteks yang dimaksud si penulis status. Jadi sebelum Anda tersinggung karena status seseorang, anggaplah bahwa Anda mungkin salah memahami arti status tersebut. 


4. Hindari beradu argumen
Walaupun hanya melalui media sosial, beradu argumen bisa membuat Anda semakin emosi. Jika Anda terpancing untuk berargumen lebih jauh, Anda bisa terperangkap dalam sebuah situasi yang membuat pertemanan menjadi rusak. Jadi lebih baik hindari untuk menanggapi sesuatu yang berpotensi menjebak Anda berantem di media sosial.

5. Kadang mengalah itu perlu
Mungkin Anda sangat tertantang untuk membuktikan sebuah pernyataan yang tidak benar di media sosial. Hal ini bisa membuat perdebatan panjang yang tiada akhir. Di satu sisi Anda ingin menunjukkan sesuatu yang benar sementara teman Anda merasa apa yang telah ia bagikan adalah sesuatu yang juga benar. Kadang-kadang mengalah dalam sebuah perdebatan seperti ini lebih baik daripada membuang-buang waktu membuktikan sesuatu yang salah kepada orang yang selalu menganggap dirinya benar. 

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar