23 Desember 2010

10 Obat yang Disalahgunakan Menjadi Narkoba

| 23 Desember 2010
Zat-zat dibawah ini dulunya bermanfaat bagi dunia medis tetapi sekarang sudah banyak disalahgunakan untuk dijadikan narkoba.

image by pulausumbawanews.net

10Ambien zolpidem

Zolpidem adalah nonbenzodiazepine (mirip dengan benzo, tetapi dengan struktur molekul yang berbeda) obat dengan efek hipnotik dan sedatif yang kuat.Diresepkan oleh dokter untuk pengobatan insomnia, dan relaksasi otot. Karena sifat antagonis yang GABA, kemampuannya mirip dengan alkohol. Dalam dosis tinggi , pengguna akan merasa amnesia yang sangat kuat, sehingga pengguna menjadi "tidak ingat". Meskipun menjadi obat yang sah yang dokter, tetapi ketika diberi resep ini sobat dilarang berkendaraan, memakai mesin-mesin berat dsb. Musisi AS, Eminem mempunyai hubungan cukup erat dengan zolpidem pada tahun 2009, ia menggunakannya untuk membantu dia tidur sepanjang tekanan di hidupnya.


9Seroquel quetiapine

Meskipun antipsikotik jarang dianggap sebagai "obat dari penyalahgunaan", quetiapine diakui di daftar ini karena banyaknya orang di penjara karena ini. Sebenarnya digunakan untuk skizofrenia, gangguan bipolar, dan insomnia. Obat penenang iniyang telah menerima julukan "penjara Heroin". Para tahanan umumnya memperdagangan pil ini. Obat ini sangat banyak dan populer didalam penjara. Orang yang menyalahgunakannya akan merasa rileks dan keluar dari "perjalanan buruk" hidupnya, tapi itu hanya sementara, biasa dikombinasikan dengan kokain dan dibentuk "Q-ball". Efek penenangnya akan semakin berlipat.


8Dilaudid hydromorphone

Diresepkan untuk rasa sakit (dan kadang-kadang batuk parah). Tidak boleh digunankan dalam dosis yang berlebihan, kata mereka yang pernah memakai obat ini, mereka akan lebih dekat dengan surga. Biasa dikonsumsi dengan cara disuntikan. 


7Xanax alprazolam

Penyalahgunaan Clobazam sangat umum untuk mengobati stres dan kecemasan, tapi cukup butir saja. Seorang dokter akan memberikan resep Xanax untuk pasien gangguan ingatan, insomnia, dan, yang lebih jarang, gangguan psikis. Meskipun tersedia di dosis 0,25, 0,5, dan 1 miligram, tablet yang paling populer para penyalahguna adalah Xanax 2mg "bar". Alprazolam, dan benzodiazepin lainnya, seperti Valium, Klonopin, dan Ativan, disalahgunakan untuk meningkatkan keramahan dan membuat orang yang 'menggunakannya' idak ingat apa tetapi sadar. Apa yang membuat benzos lebih berbahaya terhadap penyalahgunaan, versus opiat, adalah penarikan. Efek buruknya adalah sering tiba-tiba panik dan mati karena OD (Over Dosis)


6Desoxyn methamphetamine

Resep di Amerika Serikat, Selandia Baru, dan Kanada adalah untuk pengobatan ADHD, serta obesitas (kelebihan berat badan) untuk efek menekan nafsu makan. Sungguh beruntung orang yang bisa mendapatkan obat ini secara legal, jika disalahgunakan obat ini bisa membuat diri tak terkendali dan hilang ingatan untuk sementara. Harganya sangat mahal dan peredarannya diawasi oleh hukum.



5.Narcotic syrups codeine and hydrocodone

Resep untuk obat batuk sirup (seperti Tussoinex dan Phenergan) sebenarnya mengandung narkotika seperti kodein dan xanax. Bila disalahgunakan seperti obat lainnya, obat ini menanamkan efek fly, gembira, senang, dan santai. Efek buruknya adalah bisa menghancurkan organ-organ tubuh pemakainya dengan cepat. Tersedia dalam bentuk pil, di bawah nama merek Tylenol 1-4 dan Vicodin.


4Adderall mixed amphetamine salts

Banyak pelajar SMA di Barat memperolehnya untuk meningkatkan kinerja otak. Karena obat ini bila dikonsumsi secara berlebih akan mengoptimalkan fungsi otak, seperi doping untuk otak, menambah semangat belajar dan relaksasi tetapi efek buruknya obat ini akan merusak otak dan jaringannya.


3Laudanum tincture of opium

Menambahkan sedikit sejarah ke daftar kami, Laudanum diciptakan pada awal abad ke-17 London. Dibuat dari campuran alkohol dari opium bubuk. Zat Laudanum juga terdapat di dalam kodein, morfin, dan etanol. Pada jaman dulu obat ini bebas dijual dipasaran dan legal tetapi semakin kesini fungsinya banyak disalahgunakan. Terkenal di Inggris, Eropa dan China. Laudanum diresepkan utuk bayi yang baru lahir dan ibu yang habis melahirkan.

2OxyContin oxycodone

Dicap sebagai obat yang berbahaya. Obat ini memberikan penggunanya rasa bahagia, euforia, seperti di 'surga' yang efek candunya hampir tak ada yang menandingi di dunia narkotika. Pada pertengahan-90an Perusahaan farmasi  Purdue memproduksi OxyContin. Efek buruk dari obat ini adalah rusaknya sistim organ, gangguan psikis bahkan kematian. OxyContin sekarang diproduksi melalui formula yang jauh lebih sulit untuk menghindari penyalahgunaan.



1Opana oxymorphone

Daftar nomor 1 ditempati oleh Opana, Sekarang OxyContin hampir tidak berguna bagi para pecandu, khususnya di dunia barat. Digunakan oleh medis untuk penghilang rasa sakit. Seseorang yang menyalahgunakannya akan merasa super rileks, karena sistem saraf dan otaknya dipengaruhi oleh zat yang terkandung didalam opana ini. Tidak terlalu sulit untuk mendapatkannya, jika tau bentuk dan namanya, bisa dicari disetiap lemari para dokter atau apotek.


Contribution : listverse & portalunique

21 komentar:

  1. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii :)

    BalasHapus
  2. @sabdohartoyo : ia. terimakasih sudah berkunjung. :)

    BalasHapus
  3. infonya sangat berguna sekali

    BalasHapus
  4. @Saeful Bahri : thanks gan sudah berkunjung.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. ternyata obat sangat bahaya ya bila di salah gunakan, bagus sekali blog ini,

    BalasHapus
  7. @STARONE pontianak : bener banget gan, obat sakit kepala aja bisa bahaya klo disalahgunakan. terima kasih gan.

    BalasHapus
  8. Sip infonya. Bisa eksperimen neh....

    BalasHapus
  9. @patriya : wah jangan disalahgunakan gan bisa bahaya.. :)

    BalasHapus
  10. Pengen di coba 1-1 hehe

    BalasHapus
  11. Bru begitu aja nie,,, gwe stiap hari mkan obat,,,,,,rumput gk ap2 kok...

    BalasHapus
  12. @Anonymous : wah bahaya gan.. hahaha jangan coba-coba XD

    BalasHapus
  13. Butuh yg nomer 1 dan 2? Ada yg punya?

    BalasHapus
  14. @iwanda : calmlet apaan gan?

    BalasHapus
  15. marak ya obat2an yang disalahgunakan begini, pemakai ga sadar apa efek nya jangka panjangnya, dan dosa juga. Harusnya lebih ketat lagi pengawasannya. Jangan tertipu dgn berbagai alasan pengedar yang digunakan untuk membeli obat2an ini, cek jg keaslian resepnya & identitas pembeli. Jangan asal beri saja.

    BalasHapus
  16. @Fadzil : ia betul gan, dan memang pengawasan untuk hal itu masih kurang.

    BalasHapus
  17. Ada dummolid 5mg efeknya dahsyat

    BalasHapus
  18. saya ingin bertanya seputar hal yang saya alami, setelah saya meminum obat alprazolam yang di berikan oleh dokter, saya sering berhalusinasi, pingsan dan mengatakan sesuatu hal yang aneh tentang apa yang ada di depan saya, saya juga pingsan dari jam 8 pagi baru sadar jam 3 sore dan daya ingat yang saya miliki itu tidak labil, saya seperti tidak mengingat apa2 lagi, mohon bantuannya
    terima kasih

    BalasHapus