16 November 2018

10 Fakta Tentang Sungai Nil yang Mungkin Belum Kamu Tahu

| 16 November 2018
Sungai Nil adalah saksi bisu peradaban lampau yang membantu menghidupi masyarakat disekitarnya selama ribuan tahun sampai sekarang. Membentang sepanjang 7000 KM lebih kurang dan melintasi 9 negara di Afrika menjadikan Nil sebagai salah satu sungai paling terkenal di dunia, tapi sebenarnya masih banyak fakta-fakta unik yang tidak banyak orang tahu. Dari afktravel.com, berikut 10 fakta tentang sungai Nil yang mungkin belum kamu ketaui :

1. Sumber Mata Air Masih Misteri
image by shutterstock

Banyak perdebatan sealama berabad-abad diantara para ilmuan,tentang sumber mata air utama sungai Nil. Meksipun beberapa ahli sudah mempublish tentang teori mereka,tapi sebenarnya sumber mata air sungai Nil masih menjadi misateri. Teori paling banyak dikemukakan adalah sumber mata air Nil berasal dari Burundi, yang lain menyatakan jika sumber air sungai Nil berasal dari Uganda dan Rwanda.

2. Panjangnya Masih Diperdebatkan Sampai Sekarang

image by shutterstock

Tidak ada yang tahu persis berapa panjang sungai Nil yang sebenarnya. Pada tahun 2006 sebuahekspedisi dilakukan tim National Geographic untuk mengukur panjang sungai Nil. Mereka menyimpulkan bahwa sungai Nil mempunyai panjang 4.175 mil atau 6.179 KM.

3. Buaya Nil Setidaknya Menggigit 200 Warga Setiap Tahunnya.

image by shutterstock

Buaya Nil sebenarnya menghindari kontak dengan manusia tapi jika habitat mereka rusak dan mangsa buruannya tidak ada, kadang mereka menjadi agresif dan menyerang warga sekitar yang sedang mencuci, memancing atau berenang. Tidak kurang dari 200 orang pertahun yang digigit oleh buaya Nil.

4. Mengalir ke Utara Bumi
image by shutterstock

Kalo kamu rajin mengikuti kelas Geografi, air sungai tidak selalu mengalir dari garis utara katulistiwa ke arah selatan selatan, tapi air mengalir dari tempat yang tinggi ketempat yang rendah. karena Geografis disana lebih tinggi dibagian selatan katulistiwa Afrika menuju ke utara katulistiwa.

5. Kekuatan Mistis
image by shutterstock

Orang Mesir Kuno mempercayai jika sungai Nil mempunyai kekuatan mistis. Tempat mengalirnya arwah dari kehidupan ke alam akhirat. Mereka mempercayai roh-roh orang yang meninggal memulai perjalanan sepanjang sungai Nil menuju akhirat.

6. Kontroversi Politik
image by shutterstock

Sungai Nil telah menjadi salah satu penyebab kontroversi diantara negara-negara seperti Uganda, Sudan, Ehiopia dan Kenya. Mereka memperebutkan sumber daya yang ada didalam dan disekitarnya.

7. Dipenuhi Air Terjun
image by shutterstock

Meskipun tidak sepopuler air terjun Niagara, tapi sungai Nil punya banyak Air Terjun yang indah salah satu nya Blue Waterfall di Ethiopia. Dimana disana ada juga pertemuan air berwarna "biru" (dari anak sungai Nil) yaitu Blue River dan air sungai berwarna "kecoklatan" dari sungai Nil itu sendiri. persimpangan warna air biru-coklat yang tidak tercampur. Jadisalah satu tanda-tanda kebesaran Tuhan.

8. Menghidupi Setengah Populasi Warga Mesir
image by shutterstock

Sungai dan Lembah Nil sangat besar, sehingga mampu menghidupi sekitar 40 juta dari total 80 juta jiwa warga Mesir. Olahan untuk Air Minum. Ikan, Pariwisata, Irigasi, Tambang (Batu mulia, Pasir), Tanah subur untuk pertanian dan lain-lain adalah potesni besar yang dimiliki sugnai Nil.

9. Tempat Terbaik untuk Arung Jeram
image by shutterstock

Meskipun sebagian besar aliran sungai Nil ber-arus tenang, bagian Nil seperti di Uganda punya arus yang deras, panjang dan berbagai medan serta dihiasi pemandangan gurun disepanjang alirannya, menjadikannya sangat cocok untuk para petualang arung jeram/rafting.

10. Banjir Adalah Berkah
image by shutterstock

Masyarakat sekitar sungai Nil menganggap jika sungai Nil meluap dan mengakibatkan banjir bagi mereka itu adalah berkah, karena hampir sepanjang tahun negara dibagian Afrika adalah iklim gurun dengan curah hujan rendah. Banjir Nil membantu tanah mereka menjadi subur untuk menanam tanaman dan dapat mendinginkan cuaca untuk beberapa saat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar