6 Desember 2018

9 Penyihir Paling Terkenal Sepanjang Sejarah

| 6 Desember 2018
Sebelum lanjut ke nama-nama penyihir terkenal, mari kita bahas lebih dulu definisi penyihir.
menurut dictionary.com pengertian umum dari penyihir (WITCH) adalah:
1. Seseorang, terutama wanita yang yang berprofesi atau belajar ilmu sihir.
2. Seorang wanita yang mempunyai kekuatan dan aura jahat
3. Wanita tua atau buruk rupa yang jahat

Diatas adalah definisi penyihir umum dan persepsi masyarakat. Sementara definisi dasar dari penyihir itu sendiri bisa diartikan sebagai "Wanita Bijaksana".

Disini tidak dijelaskan tentang wanita dengan hidung panjang, bertopi runcing dan memakai sapu terbang tapi dijelasan tentang penyihir yang pernah hidup menurut catatan sejarah dan cerita rakyat. Dikutip dari owlcation.com berikut 9 penyihir paling terkenal dalam catatan sejarah.

1. Morgan Le Fay (Abad ke-6 Masehi)
image by wikipedia.org

Morgan Le Fay digambarkan sebagai musuh bebuyutan King Arthur Of Camelot. Seperti kebanyakan cerita penyihir, banyak dari mereka yang disalah artikan. Pada zaman King Arthur, Morgan lebih digambarkan sebagai wizard yang dikenal dengan nama Merlin.

Siapakah sebenarnya Morgan Le Fay?
Para novelis modern sering menyebutnya Morgaine, yaitu saudara tiri dari Raja Arthur yang iri dengki dan ingin menghancurkan kerajaan kakak tirinya, Camelot. Namun legenda sebenarnya mengatakan kalo Morgan semacam 'tabib' yang malah membantu Raja Arthur di saat-saat terakhirnya dengan membawanya melalui kabut ke Isle of Avalon untuk disembuhkan.

2. Anne Boleyn (1501 - 1536)
image by wikipedia.org

Anne Boleyn adalah istri kedua dari Raja Henry VIII yang terkenal dari Inggris pada abad ke-16.
Selama bertahun-tahun menjabat sebagai Ratu Inggris, Anne Boleyn adalah wanita yang sangat cerdas dan terdidik. Meski ada desas-desus tentang pengkhianatan, perzinahan, incest sampai santet. Pihak kerajaan mengetahuinya dan menghukum mati dengan memenggal kepalanya. Anne sampai sekarang dikenal sebagai salah satu ratu paling berpengaruh dalam sejarah Inggris.

Pertanyaannya, apakah Anne Boleyn seorang penyihir atau bukan? Para sejarawan memberinya label seorang penyihir terkenal, karena kekuatan dan kebijaksanaannya yang luar biasa selama hidupnya dalam mempengaruhi suaminya dan kemahiran dalam mengatur negaranya.

Anne Boleyn dipenggal pada 19 Mei 1536. sekitar usia 28 - 35 tahun.

3. Aradia (Abad ke-19)
image by books.google.co.id

Aradia adalah penyihir yang berasal dari Italia, dia adalah tokoh utama dalam buku "Aradia, Gospel of Witches" karangan penulis Charles Godfrey Leland yang diterbitkan pada tahun 1899 yang bersumber dari cerita rakyat. Diyakini sebagai asal-muasalnya santet di negara Italia. Keaslian buku ini masih diperdebatkan, tetapi sempat membantu kebangkitan Paganisme pada abad ke-20. Charles Leland mendapat buku dari seorang wanita bernama Maddelena yang tinggal di daerah Tuscany, Italia dan dengan bantuan buku itu dia rampung menyusun buku "Aradia, Gospel of Witches".

4. Marie Laveau (1801- 1881)
image by wikipedia.org

Marie Laveau adalah praktisi Voodoo paling terkenal sepanjang masa. Dia dilahirkan  di New Orleans pada pertengahan 1700-an dan menjadi pendeta voodoo paling terkenal di Louisiana abad ke-18 dan ke-19. Dia sering disebut sebagai "Ratu Voodoo." Dia ahli dalam masalah kesehatan dan percintaan, tentunya berhubungan dengan voodoo atau boneka santet.

Dikatakan bahwa Laveau adalah seorang Katolik yang taat dan selalu menghadiri misa. Namun, dia juga seorang pendukung agama Voodoo, percaya dan berlatih Voodoo dengan bantuan "loas" (dewa-dewa Voodoo) dan menjadi ahli dalam seni intuisi dan sugesti.

Laveau hidup sampai tahun 90an, meskipun beberapa orang mengklaim dia meninggal lebih awal dari itu. Makamnya di New Orleans 'Saint Louis Cemetery' mendapatkan lebih banyak pengunjung pada malam Halloween daripada makam Elvis Presley. Penyihir terkenal ini mungkin seorang penyihir Voodoo, tetapi dia juga seorang wanita yang bijaksana dan sadar tahu keahliannya digunaakan untuk apa.

5. Gerald Gardner (1884–1964)
image by wikipedia.org

Semenjak terkenalnya nama Anne Boleyn dan Aradia, banyak penyihir-penyihir baru yang bermunculan pada abad ke-20 sampai awal abad-21.

Nama lengkapnya Gerald Brosseau Gardner disebut sebagai bapak ilmu sihir modern dan pendiri agama Wiccan, juga penulis dan antropolog amatir dan arkeolog. Berkat Gerald banyak agama pagan bermunculan. Dia menulis beberapa buku tentang witchcraft atau tata cara mempelajari ilmu santet dan sihir. Gardner secara internasional diakui sebagai "Bapak Wicca" oleh para komunitas Pagan dan okultisme. Dia juga yang mengidentikan penyihir dengan sapu lidi (terbang).

6. Sybil Leek (1917–1982)
image by foreverandaday.biz

Sybil Leek sudah diajarkan tara cara ilmu santet sejak usia muda semasa dengan Gerald Gardner. Dia adalah salah satu penyihir paling terkenal dalam sejarah modern dan telah menulis hampir 60 buku tentang ajaran pagan dan okultisme, diantaranya adalah Diary of a Witch, Sybil Leek's Book of Herbs, and Star Speak: Your Body Language from the Stars.

Terkenalnya istilah tentang zodiak, ramalan bintang dan astrologi pada zaman modern sekarang ini juga berkat dirinya. Sybil mengklaim bahwa Aleister Crowley, seorang okultis dari Inggris, mengajarinya segala sesuatu tentang sihir. Sybil Leek meninggal pada 1980-an dan dikenal sebagai "Britain's most famous witch."

7. Laurie Cabot (1933 – Sekarang)

Laurie Cabot adalah seorang witchcraft master di Amerika. Dia adalah penyihir paling terkenal yang hidup pada hari ini.


Cabot juga seorang penulis dan memiliki toko sihirnya sendiri di Salem. Kamu bisa mendengarkan Laurie berbicara tentang santet di channel YouTube-nya LauriaCabotOfficial.

8. Scott Cunningham (1956–1993)
image by amazon.co.uk

Lebih suka dipanggil Wiccan daripada penyihir, seorang penulis yang menerbitkan beberapa buku tentang ilmu praktetk sihir, diantaranya adalah Kitchen witchcraft, Magical herbs, Magical stones, Earth power dan The practice of solitary Wicca. Buku-bukunya bisa kamu temui saat ini juga di situs jual beli amazon jika kamu benar-benar tertarik dengan dunia sihir barat.

Dia meninggal pada tahun 1993 karena penyakit komplikasi. Menjadi salah satu penyihir paling terkenal dan salah satu penulis Wiccan yang paling dicintai oleh para Wiccan dan dunia sihir hari ini.

9. Silver RavenWolf (1956 – Sekarang)
image by amazon.com


Penyihir terkenal lainnya yang hidup pada hari ini adalah Silver RavenWolf, nama aslinya Jennie E. Trayer. Dia adalah seorang penulis dan dosen New Age Magic dan Witchcraft author yang berfokus pada ajaran Wicca.

Nama RavenWolf sangat terkenal di kalangan Wiccan dan penyihir di seluruh dunia. Dia memiliki latar belakang dalam sihir PowWow dan juga berpengalaman dalam berbagai tradisi Wicca. Kamu bisa menemukan buku-bukunya di Amazon, atau membaca lebih banyak tentangnya di internet.

Catatan Kaki
Apa itu Wicca ?
Wicca adalah kata lain untuk sihir atau santet dan secara luas diartikan sebagai penganut praktik dan keyakinan dalam menguasai keterampilan dan kemampuan magis. Wicca dipraktikkan oleh praktisi dan kelompok. Wicca dianggap sebagai bidang ilmu spiritual bercampur dengan obat-obatan/herbal.
Penting untuk dicatat bahwa definisi sihir/santet itu berbeda tergantung pada standar budaya dan sosial disuatu tempat.

Apa Perbedaan Antara Wicca, Witch dan Witchcraft?
Wicca adalah sistem kepercayaan/ideologi, Witch adalah orang-nya, sedangkan witchcraft/sihir adalah praktiknya.

Apa Dasar dari Kepercayaan Wicca?
Agama Wiccan adalah agama yang beragam dan terdesentralisasi yang dibangun di atas fondasi Paganisme dan Spiritualitas Alam. Di Indonesia lebih dikenal sebagai Animisme dan Dinamisme.

Sebagai orang yang beragama, tentunya para penyihir diatas bukan sesuatu yang harus diikuti, karena sumber ilmu nya berasal dari ilmu hitam dan makhluk spiritual yang bersifat 'evil' dan kebanyakan penyihir membantu pasien dengan tujuan melukai dan mencelakakan target nya. So dijauhin aja ya, dan cukup dijadikan sebagai informasi saja.



Sumber: owlcation.com/humanities/Famous-Witches-in-History

Tidak ada komentar:

Posting Komentar